•  

    Logo Infohazard

    Infohazard (Information Hazard)


    Subjek: Infohazard (Information Hazard)

    Penulis: Y████ H█████

    Tanggal: 15/10/2023


        Infohazard (Information Hazard) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jenis informasi yang memiliki potensi bahaya ketika dibagikan atau diungkapkan kepada individu atau masyarakat. Infohazard adalah informasi yang, jika disebarkan secara tidak hati-hati, dapat menyebabkan dampak negatif seperti kerugian kesehatan, ketidakstabilan sosial, atau kerusakan kepercayaan pada sumber informasi yang sah. Istilah ini merujuk pada informasi yang memiliki daya rusak atau potensi berbahaya jika diterima atau diakses tanpa pemahaman yang memadai atau tanpa kewaspadaan yang cukup. Dalam era digital, di mana informasi dengan cepat menyebar melalui media sosial dan internet, pengenalan dan pemahaman terhadap infohazard menjadi penting untuk melindungi masyarakat dari dampak negatifnya.

    Infohazard dapat dibagi menjadi 3 subjek utama mulai dari:

    • Data Hazards: Sebuah informasi data yang dapat membahayakan orang lain. Contohnya seperti Urutan asam nukleat dan Patogen.
    • Idea Hazards: Sebuah ide yang dapat membahayakan orang lain. Contohnya seperti ide dalam pembuatan bom menggunakan reaksi fisi dan ide dalam mengembang biakkan bakteri dengan gradien antibiotik untuk mengembangkan resistensi bakteri terhadap antibiotik.
    • Knowing-too-much Hazards: Informasi yang jika diketahui dapat membahayakan orang tersebut yang mengetahui informasi tersebut. Contohnya seperti pada tahun 1600-an, wanita yang mengetahui tentang ilmu gaib, ilmu yang tidak dapat dipahami orang lain, maupun sulap memiliki risiko yang lebih tinggi untuk dituduh sebagai penyihir dan cara mematahkan ligamen ibu jari diri sendiri.

        Tentu saja Infohazard secara keseluruhan "tidak berbahaya" atau "mengancam nyawa" jika orang yang mengetahui info tersebut dapat menyimpan, mengontrol, menjaga, atau tidak mempedulikan informasi tersebut. Infohazard akan dianggap berbahaya jika orang tersebut adalah orang "berbahaya" atau orang tidak bertanggung jawab. Jika terdapat 2 individu dengan kepribadian berbeda yang saling tolak belakang maka akan terjadi skenario yang berbeda. Berikut simulasi skenario yang mungkin terjadi.


    Skenario A:

    Nama Subjek: San Ali (nama bersifat fiksional).

    Kepribadian: Baik, dapat mengontrol diri, bertanggung jawab, teliti, perhitungan.

    Informasi yang diketahui: Cara mematahkan ligamen ibu jari diri sendiri.

    Hasil yang didapatkan: San Ali walaupun mengetahui informasi tersebut, dia dapat mengendalikan informasi yang dia ketahui serta menahan rasa penasaran akan hal yang terjadi jika dilakukan. Dengan begitu San Ali tidak mematahkan ibu jarinya, maupun menyebarkan informasi tersebut jika diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


    Skenario B:

    Nama Subjek: Tida (nama bersifat fiksional).

    Kepribadian: Penasaran, baik, ceroboh, perhatian, ingin tahu.

    Informasi yang diketahui: Cara pembuatan bom molotov dirumah.

    Hasil yang didapatkan: Tida dengan rasa penasarannya membuat sebuah bom molotv dengan dalil ingin mencoba dan rasa penasaran "yang menghantuinya". Setelah selesai pembuatan bom molotovnya, Tida menyimpan bom molotovnya dengan aman dan tidak menggunakannya. Akan tetapi dia dengan rasa bangga secara tidak sengaja membagikan informasi tersebut ke media sosial. Walaupun dia tidak membahayakan orang lain, akan tetapi dia dapat membuat orang lain membahayakan orang lain juga. Dan hal ini akan terus terulang sampai waktu yang tidak ditentukan, Tida secara tidak langsung membuat sebuah kriminal.


    Skenario C:

    Nama Subjek: Agus Prawajasakti (nama bersifat fiksional).

    Kepribadian: Penasaran, tidak peduli, ceroboh, sombong, ingin tahu, jahat.

    Informasi yang diketahui: Cara pembuatan meth dirumah.

    Hasil yang didapatkan: Agus setelah mendapatkan informasi tersebut langsung mempraktekannya secara langsung. Setelah pembuatan meth tersebut berhasil, Agus dengan langsung memanfaatkan peluang tersebut dengan menjualnya kepada orang lain. Agus juga membagikan informasi tersebut kepada temannya yang lain dan meminta tolong dalam proses pembuatan meth ini. Agus pun berhasil membuat sebuah perusahaan gelap dengan penjualan utama meth, walau setelah 1 tahun masa operasi, Agus ditangkap oleh pihak berwenang. Walaupun begitu Agus selama 1 tahunnya telah membuat semua orang kecanduan diseluruh dunia dengan perkiraan korban berjumlah 234 juta jiwa.


        Bisa dilihat dari ketiga skenario tersebut dengan orang yang berbeda, kepribadian yang berbeda, serta informasi yang didapatkan berbeda. Juga menghasilkan hasil akhir yang berbeda juga. Infohazard tidaklah berbahaya, akan tetapi orang tersebutlah yang bisa disebut berbahaya sehingga membuat informasi tersebut "berbahaya". Secara keseluruhan banyak orang yang mengira serta mendefinisikan bahwa Infohazard adalah informasi "berbahaya" yang dimana secara menyeluruh tidak seperti itu.

        Mungkin skenario tersebut tidak dapat meyakinkan anda mengenai Infohazard dan hasil yang didapatkan, tidak perlu khawatir dikarenakan untuk menutup hasil dokumen ini akan saya sertakan satu foto dari salah satu contoh "Cara mematahkan ligamen ibu jari diri sendiri" foto ini akan menampilkan 2 gambar singkat bagaimana anda dapat mematahkan ibu jari anda sendiri, dan bagaimana ligamen ibu jari kita itu bisa dibilang rapuh yang dimana dengan kekuatan penuh saja dapat mematahkannya. Jika anda tidak ingin mengetahui caranya harap segera KELUAR sekarang juga.

        Informasi yang dianggap berbahaya bisa disebut sebagai Cognitohazard dan informasi yang dapat berbahaya bisa disebut Infohazard. Perlu diketahui bahwa tidak ada informasi yang berbahaya sehingga tidak ada yang namanya Cognitohazard dikarenakan secara naluri manusia, setiap informasi bersifat berharga dan baik untuk kelangsungan hidup kita. Bisa dikatakan Cognitohazard tidak ada di dunia ini. Untuk sekarang.

        Bagaimana anda mengelolah informasi ini ataupun contoh diatas adalah keputusan anda. Ketahuilah bahwa dokumen ini bersifat rahasia yang hanya dapat diakses oleh pihak tingkat dan tidak untuk disebar luaskan, segala kebocoran informasi bukanlah tanggung jawab penulis, akan tetapi perusahaan serta anda yang membaca dokuemen ini.


    Cara mematahkan ligamen ibu jari


    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Wilham | Lolicorp

    Wilham | Lolicorp - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan