• Framework dan Game Engine

    Framework atau Game Engine? Jika kalian ingin membuat game pasti akan diberikan kedua pilihan ini, mau bikin game secara langsung, cepat, gampang, dan secara besar kalian bisa bikin game menggunakan Game Engine. Mau bikin game dari awal, minim toolsfull control, bikin sistem secara keseleruhan, dan ingin programming secara keseluruhan pilih Framework.

    Jujur saya juga masih belajar sedikit tentang dunia pembuatan game, dan ingin mencoba sendiri secara keseleruhan. Nah karena saya sangat tertatik dengan pembuatan game tentu satu hal yang harus saya pilih ada, memilih Game Engine atau Framework? Tapi sebelum itu apa sih Game Engine atau Framework? Oleh karena itu mari kita bahas bersama tentang kedua hal tersebut!


    Game Engine

    Game Engine adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengembangkan, dan menjalankan permainan komputer. Ini menyediakan alat dan kerangka kerja untuk mengatur grafis, fisika, suara, kecerdasan buatan, dan elemen-elemen lain dari permainan. Game Engine memungkinkan pengembang untuk fokus pada desain permainan tanpa harus membangun semua komponen teknis dari awal.

    Nah dari penjelasan diatas bisa disimpulkan kalo kalian ingin bikin game secara langsung tanpa program dari nol dan dari awal, kalian bisa menggunakan Game Engine dan kebanyakan perusahaan gede AAA banyak menggunakan Game Engine terkenal yang mungkin kalian kenal. Game Engine sangat praktis dan mudah digunakan dan barang yang disediakan juga lengkap dari fitur efisiensi pengembangan, ketersediaan beragam platform, komunitas dan dukungan, alat grafis dan fisika terintegrasi, update dan pemeliharaan terus-menerus, dan masih banyak lainnya. Tapi tentu saja Game Engine ada kekurangannya dari pembatasan kreativitas, biaya lisensi, kinerja terbatas, pembelajaran awal yang diperlukan, keterbatasan dalam kontrol, dan mungkin sebagaian yang mungkin juga berpengaruh. Nah bagaimana kalo soal Framework apa bedanya?


    Framework

    Framework dalam pembuatan game adalah kerangka kerja perangkat lunak yang menyediakan alat dan struktur dasar untuk mempermudah pengembangan permainan. Ini termasuk modul dan fungsi siap pakai untuk grafis, fisika, suara, dan interaksi. Framework memungkinkan pengembang untuk fokus pada aspek kreatif permainan tanpa harus membangun komponen teknis dasar dari nol, mempercepat proses pengembangan dan memungkinkan pembuatan game yang lebih efisien.

    Kalo Framework sudah menyediakan beberapa elemen dan beberapa logika yang dibutuhkan tetapi tidak semuanya, dan para pengguna bisa mengembangkannya lebih lanjut sesuai keinginan dari pengembang tersebut. Jadi jika kalian ingin mengetahui seluk-beluk program yang kalian gunakan kalian bisa gunakan Framework jika mau, akan tetapi kerugiannya pengembangan menggunakan Framework akan lebih susah dikarenakan kalian perlu belajar lebih dalam daripada menggunakan Game Engine akan tetapi ilmu yang kalian dapatkan bisa kalian gunakan dalam industri pekerjaan bidang selain game.


    Kesimpulan

    Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa... Framework = Game Engine... Kita bahas lain hari atau mungkin gak pernah sama sekali. 😉

    Framework hampir mirip seperti Game Engine, akan tetapi beda. Jika Game Engine bagaikan bumbu sachet yang udah disedikan dan tinggal kita masukkan bumbu dan bahannya untuk dimasak, Framework bagaikan bahan-bahan yang ada di Game Engine itu secara mentah. Jadi jika Game Engine bagaikan Royco Sapi maka di Game Engine itu sudah disediakan bahannya yang sudah dikelolah seperti Garam Beriodium, Penguat Rasa, Perisa Sintetik Susu, Kedelai, Antioksidan Asam Askorbat, dan masih banyak lagi. Nah jika Game Engine udah menyediakan itu semua dan kalian tinggal menggunakannya dalam memasak makanannya, nah kalo kalian memakai Framework kalian harus membeli setiap bahannya dari Garam, Susu, Kedelai dan kalian juga perlu meracik atau membeli bahan Penguat Rasa, Antioksidan Asam Askorbat, dll. Kalo udah disediakan kenapa harus bikin sendiri? Simpel karena mungkin yang sudah disediakan tidak sesuai selera kalian, oleh karena itu kalian ingin bikin sendiri dengan cara kalian sendiri. Oleh karena itulah kemungkinan kalian ingin menggunakan Framework daripada Game Engine. Ada juga kalian membikin game dari NOL secara keseluruhan yang dimana kalian harus menulis koordinat x dan y (Vector2) atau koordinat x, y, dan z jika ingin membuat game 3D (Vector3), membuat integrasi grafis (OpenGL), dan masih banyak lainnya dari integrasi audio juga ada. Kalian bisa bikin dari nol tapi tidak disarankan jika masih pemula.

    Jika kalian ingin belajar membuat game saja secara cepat, mudah, dan kuat maka gunakan Game Engine. Jika kalian ingin belajar membuat game tapi tidak secara utama, dan ingin mempelajar pemrograman dan komputer lainnya maka kalian bisa menggunakan Framework. Kalo saya pribadi memakai Framework daripada Game Engine susah tapi memuaskan, dan mengetahui setiap hal yang saya lakukan membuat saya puas dan tenang secara keseluruhan.


    Nah kalo kalian ingin belajar pembuatan game, saya akan kasih beberapa rekomendasi dari:

    Game Engine

    Unity (C#, Visual Scripting (Bolt))

    Unreal Engine (C++, Blueprints)

    CryEngine (C++, C#)

    Defold (LUA)

    Godot (GDScript (mirip Python), C#, Visual Script, GDNative)

    GameMaker Studio (Game Maker Language, JavaScript, C++, GLSL, HLSL)

    Stride (C#)

    GDevelop (Events Editor, JavaScript)

    Construct (JavaScript, Event System)

    RPG Maker (Ruby, JavaScript)


    Frameworks

    XNA (C#)

    MonoGame (C#)

    Cocos2d (C++, JavaScript, Java, Lua)

    Pygame (Python)

    LÖVE (Lua)

    libGDX (Java)

    Kivy (Kv)

    Babylon.js (JavaScript, TypeScript)

    Three.js (JavaScript)


    Nah diataslah isi dari Game Engine dan Frameworks yang mungkin bikin kalian sukai atau tertarik. Kalo saya personal menggunakan MonoGame (C#) yang dimana penerus dari XNA (C#) yang dimana XNA sudah gak di-update lagi sehingga sudah ketinggalan jaman atau outdated ada juga beberapa Game Engine atau Framework lainnya. Saya gak tambahkan ya karena saya belum ketahui.

    Mungkin ada beberapa informasi atau kata yang salah, jika iya mohon maaf. Dan semoga informasi yang saya kasih bisa bermanfaat buat kalian semua, selamat memprogram dan membuat game!


    "Jangan pernah ragu untuk memulai. Kehidupan yang baru, pengalaman yang baru, dan kesuksesan yang baru menunggu di ujung langkah pertama." - Unknown

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Wilham | Lolicorp

    Wilham | Lolicorp - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan