• Dahulu sebelum saya mempunyai komputer sendiri, saya selalu bermain game di warnet (warung internet) ataupun meminjam salah satu laptop kakak/abang saya. Di warnet saya selalu bermain game seperti Lost Saga, PointBlank, CrossFire, dan masih banyak lagi, jika dirumah dan saat ada laptop kakak/abang yang senggang biasanya saya bermain game yang didownload mereka berdua seperti Harvest Moon: Back To Nature, OSU!, World of Warcraft: Frozen Throne, dan masih banyak lagi. Tapi diantara semua game yang saya mainkan. Tidak ada tandingannya sama game satu ini yang akan saya bahas yang masih saya sayangi, cintai, sukai, dan banggakan dalam hidup saya. Dan jika kalau saya kehilangan ingatan saya, maka kemungkinan hal pertama yang ingin kulakukan adalah bermain game itu tersebut agar bisa merasakan pengalaman pertama bermain yang saya kangen tersebut. Dan game tersebut adalah... 






    The Elder Scroll V: Skyrim






    Salah satu game terbaik dan terbagus pada saat masanya, game RPG Open-World yang mendunia saat peluncuran gamenya, dibuat dan dikembangkan oleh Bethesda Game Studio dan dipimpin oleh salah satu tokoh terkenal Todd Howard. Game ini walau sudah berumur 10 Tahun (11/11/2011) pada saat peluncurannya masih banyak peminat, penggemar, serta pemain aktif yang masih memainkan game ini. Dan hampir semua gamer pasti tau game terkenal ini, dan juga game ini juga menghasilkan banyak meme lucu yang ada digame ini dikarenakan Bug, Moment Lucu, serta Glitch yang banyak dalam game tersebut. Akan tetapi tidak banyak orang yang membenci hal tersebut, malahan hampir semua pemain terhibur dikarenakan keberadaannya. Dan oleh karena itu saya ingin membagikan Pengalaman saya dalam bermain game yang berbekas hingga sampai sekarang.


    The First Era

    E1 - The History 2012-2014

    Jujur pada masa era ini memori saya tentang kejadian ini agak kabur, lebih tepatnya tidak ingat tanggal. Pada tahun ini, saya pertama kali bermain game Skyrim jika tidak salah pada tahun 2015 di laptop abang saya. Pada saat ini saya berusia 8 tahun jika tidak salah. Iya pada saat saya masih kecil saya sudah sangat kecanduan ama yang bermain game, game dari warnet, game dari PS2 punya sahabat kecil saya, dan juga dilanjutkan bermain game di laptop kakak dan abang saya dulu.

    Untuk jenis game yang saya mainkan itu beragam dalam semua genre dan judulnya, yang paling berkesan untuk game warnet yaitu LostSaga. Saya dulu ketua guild di LostSaga punya saya sendiri, dengan member murni dari komplek saya sendiri dan pernah mengikuti lomba guild yang diadakan di game LostSaga.

    Untuk game PS2 ada banyak yang membekas, tapi buat saya pribadi adalah salah satu game PVP/PVE yaitu Wars of the Monster, salah satu game PS2 yang dibilang jadul. Akan tetapi saya dan kawan-kawan saya dulu bermain sangat menyukak permainannya dulu, bahkan kami rela cari satu kota hanya untuk mendapatkan kaset PS2 game tersebut.

    Tapi di antara semua itu ada yang lebih membekas dihati. Dan mari kita singkirkan dulu pembahasan tadi dan langsung ke inti utamanya. 



    The Second Era

    E2 - The Arrival 2015-2018

    Pada era ini atau tahun ini, saya sudah mulai jarang berinteraksi dengan kawan saya, dikarenakan banyaknya yang pindah atau sibuk dalam kehidupan sehari-harinya. Pada saat ini abang saya sudah mulai kuliah serta mempunyai laptop sendiri, biasanya saya meminjam laptop abang saya jika diperbolehkan akan tetapi peluang kesempatannya sangat kecil. Dulu abang saya lumayan garang, jadi saya dulu lumayan takut sama abang saya. Nah abang saya kuliah pada shift malam hari, jika tidak salah pada jam 19:00 - 22:00 atau mungkin lebih maupun kurang dalam jam belajar tersebut, kejadian ini sudah lama jadi saya kurang ingat. Di laptop abang saya ada game yang lumayan banyak dan biasanya saya melihat abang saya memainkan game tersebut, tapi ada satu game yang saya tertarik saat itu The Elder Scroll V: Skyrim. saya tidak ingat saya mengetahui game ini dari melihatnya bermain atau melihatnya di desktop dan dengan penasaran mengkliknya. Nah pada saat abang saya kuliah saya memainkan laptopnya dengan diam-diam dan mencoba bermain game tersebut... Dan saya tidak menyesal. 



    "Hey, you. You're finally awake. You were trying to cross the border, right? Walked right into that Imperial ambush, same as us, and that thief over there." -Ralof 


    Pada saat masuk saya merasa kegirangan. Tema fantasi kerajaan, dimana pada awal main kalian akan diawali sebagai status tahanan yang akan dieksekusi mati, sebuah prologue yang berkesan dan menjadi ikonik meme dalam gamer sedunia. Setalah dibawa pergi ketempat eksekusi di Helgen. Kalian akan melihat anggota tentara Imperial, mengabsen tiap tahanan, alan tetapi kamu tidak ada dalam daftar tersebut. Dalam moment ini kamu akan ditanyakan identitas dirimu, dan fitur kostumisasi karakter muncul. Saya butuh 1 jam lebih hanya dalam proses pembuatan karakter dan saya merasa senang saat prosesnya selesai. Sebuah karakter ras Nord manusia yang kebal akan dingin serta memiliki semangat tarung yang hebat. Pada saat eksekusi dimulai salah satu tahanan akan dipenggal didepan kalian, dan kalian selanjutnya. Akan tetapi ada sebuah benda hitam besar yang muncul dilangit... 


    "STRUN, BAH, QO" -Alduin


    Ya. Benda hitam besar yang melayang itu adalah sebuah naga besar hitam bernama Alduin. Dia datang disini untuk mencari "sesuatu" Dan barusan yang diucapkannya adalah sebuah bahasa naga yang bernama Dovahzul dan arti yang diucapkannya adalah Storm, Wrath, Lightning. Hal membuat awan menjadi merah kehitaman, meteor berjatuhan, dan mungkin bisa dibilang kiamat mendekat. Kamu bersama tahanan lainnya memanfaatkan kesempatan ini untuk kabur dalam kekacauan yang sedang terjadi, dan kamupun kabur walau ada hambatan menghalangi. Dengan seiringnya waktu kalian akan bertemu karakter baru, cerita baru, misteri baru, dan banyak hal lagi yang menanti perjalanan mu. Dan satu kata yang bisa saya ucapkan pada saat ini adalah. 


    "Gila." -Saya

     

    Jujur pengalaman yang saya dapatkan dalam game Skyrim tidak bisa dibandingkan dengan game lainnya, saya sungguh merekomendasikan kalian untuk memainkannya jika menyukai game A-RPG, Open World, Fantasy, Medieval Theme. Dan pada saat keseruan tersebut saya akhirnya ketahuan sama abang saya, untungnya abang saya tidak terlalu peduli dan sepertinya juga sudah mengetahuinya dari save file saya. 

    Pada saat kelas 5 SD saya mendapatkan laptop pertama saya yang masih saya gunakan sekarang ini, dan dalam laptop pertama saya itulah saya memohon kepada abang saya untuk men-download game tersebut. Dan pada saat laptop itu sudah berada ditangan saya, pada saat menghidupkan laptop tersebut saya terkejut dan bahagia dikarenakan game kesayangan saya tersebut ada di dalam laptop saya. Dan tentu saja saya mainkan hampir setiap hari. 


    The Third Era

    E3 - The Discontinuation 2019-2021

    Pada saat ini saya merasa sudah melakukan segalanya di game ini, level saya sudah lumayan tinggi, hampir semua quest sudah saya jalanin dan juga tidak ada yang bisa saya lakukan lagi. Kehidupan kedua di game ini sudah selesai, dan waktunya untuk menutup akhir cerita ini, laptop saya juga sepertinya tidak mampu lagi dikarenakan device yang semakin memburuk. Dan sudah waktunya kehidupan asli saya berlanjut. Dan berlanjut dicerita selanjutnya... 






























    The Fourth Era

    E4 - The Re:Vival 2022-Now

    Apapun yang saya ucapkan tidak bisa membohongi diri sendiri, Skyrim sudah bagaikan setengah jiwaku. Bukan hanya Skyrim tapi seluruh The Elder Scroll Series adalah suatu hal yang berharga bagiku, jadi pada saat ada aplikasi Dana, serta sistem transaksi online sudah ada di Indonesia dan dipermudahkan, pada saat ada diskon Summers Sales di Steam. Saya tanpa basa-basi langsung membeli bundle The Elder Scroll Series. Tanpa memperdulikan konsekuensinya, ya karena... Tidak ada konsekuensinya. Dan sungguh saya tidak menyesal perbuatan saya tersebut. 

    Saya membuat sebuah save file baru, dengan karakter yang sama dan cerita yang sama. Walau saya sudah pernah mengarungi dunia Skyrim saya masih tidak pernah bosan akan apa yang terjadi, setiap hal kecil selalu membuat saya terkejut dan bisa dikatakan bahwa sebenarnya masih ada banyak misteri dan hal yang belum saya lakukan. Dan oleh karena itulah, yang kupikir cerita yang sudah berkahir. Ternyata hanyalah sebuah cerita yang tertahan takdir sementara. 




    Dan begitulah cerita singkat mengenai pengalaman saya dalam bermain game The Elder Scroll V: Skyrim sebenarnya ada banyak hal yang ingin saya ceritakan, akan tetapi kemungkinan kalian akan merasa bosan akan cerita yang saya ceritakan. Walau begitu sebaiknya kalian merasakan sensasinya sendiri, bermain sendiri, memasuki sendiri dunia tersebut. Dan kalian mungkin akan menyukainya sama seperti saya mencintai nya. Walau ada banyak game lainnya yang juga membekas seperti Blue Archive, Rune Factory Series, Harvest Moon: Back to Nature, dan masih banyak game lainnya yang tidak bisa saya sebutin satu-satu ataupun karena saya lupa, kenangan dan memori yang diberikan tidak sebanding yang disediakan oleh Skyrim. Ya sekian mungkin dari saya, saya berterima kasih karena sudah membaca sampai habis. Saya harap pengalaman saya serta, cerita saya mungkin dapat membuat kalian mencoba permainan Skyrim dan pendahulunya.


    "What is better - to be born good, or to overcome your evil nature through great effort?" -Paarthurnax

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - Wilham | Lolicorp

    Wilham | Lolicorp - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan