• Logo saya

    0

    Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya dalam pembuatan logo saya, dalam membuat logo itu tidak susah. Bisa diselesaikan dalam sehari... Akan tetapi memilih logo yang diinginkan itu yang membuatnya susah (pengalaman pribadi). Jadi akan saya tunjukkan hasil logo yang saya sukai dan proses pemikirannya!



    Logo ini terinspirasi dari salah satu Composer/Producer kesukaan saya Team Grimoire. berikut adalah logonya.



    Tentu saja logo pertama saya dan logo Team Grimoire memiliki beberapa perbedaan, tapi memiliki konsep yang sama. Yang paling jelas adalah bentuk border dari logo kami, Team Grimoire mempunyai border lingkaran, sedangkan saya memiliki border segitiga. Logo dari Team Grimoire sangat simple walaupun begitu, memberikan kesan Era Renaissence atau pada abad ke-14 sampai abad ke-17 Masehi dalam sejarah Eropa (kebanyakan tema dari lagu Team Grimoire). Saya juga memiliki konsep sama, tetapi lebih kompleks dan juga menurut rorang sekitar saya memberikan logo ini memberikan kesan "sakte". Baik sudah cukup perbandingannya. Waktunya filosofi tiap detail dari logo pertama saya!

    Pengertian Logo



    • Segitiga, memiliki makna secara umum yaitu Kreatifitas, Kekuatan, dan Pergerakan Yang Dinamis. Secara religius terutama kristen memiliki makna Hubungan Dasar Dunia Yaitu Tuhan, Manusia, dan Alam yang biasa disebut "Trinity" (mungkin? saya juga kurang tau...). Untuk pengertian saya sendiri yaitu menunjukan Ketegasan, Pencapaian Tertinggi, dan Hirarki.
    • Nama, Nama dimulai dari atas kebawah yang berisi Wilham Dhani Prasetyo (WD), Yukio Hikari (YH), Vozmo (V). Mengikuti konsep pengertian segitiga, nama ini memiliki hirarki-nya sendiri, kepentingan nama dimulai dari bawah hingga keatas (fondasi dari segitiga).
      • Dimulai nama saya sendiri WD yang diberikan oleh orang tua saya sendiri sebagai Identitas Diri Saya,
      • YH merupakan nama yang diberikan oleh abang saya saat masih kecil, dikarenakan abang saya penasaran apa nama keluarga kami (terkecuali orang tua) dalam bahasa jepang. Nama ini saya gunakan saat online dan ada hubungan interaksi satu sama lain, game maupun online. Nama kedua saya bisa dibilang.
      • V merupakan nama saya saat digunakan dalam game competitive, nama ini saya dapatkan saat saya ingin bermimpi membeli robot teman saat masih kecil. Yang bernama Cozmo (C berubah menjadi V). Nama ini melambangkan Impian saya, sehingga ditempatkan paling atas, sebagai puncak dari pillar nya.
    • Bunga Mawar, melambangkan dari Orang Yang Saya Cintai (fiksi), yang dimana didalam game tersebut memiliki arti sebagai Nyawa Dari Pemain. dan juga memiliki arti dari Kehormatan, mengapa? Biasanya bunga mawar hitam melambangkan duka dan kematian, akan tetapi bunga mawar juga bisa menunjukan Kehormatan orang lain untuk orang tersebut. Sehingga memiliki simbol Kehormatan. Secara keseluruhan makna dari Bunga Mawar adalah Kehormatan Bagi Nyawa Seseorang. Maksud? ya bisa kalian pikirkan sendiri deh πŸ˜‰ 
    • Halo (Lingkaran Cahaya), melambangkan dari Orang Yang Saya Cintai (yang kedua, fiksi), yang dimana didalam game tersebut merupakan Nyawa/Jantung Dari Karakter. Dan juga memiliki arti sebagai Suci ataupun Cahaya. Ditempatkan diatas segitiga sebagai puncak tujuan yang menurut saya sebagai Suci Dan Harapan (Cahaya). Memiliki arti secara keseluruhan yaitu Puncak Tujuan/Harapan, Maksud? Dimana tanpa "nyawa" kita tidak akan bisa hidup, maka tanpa tujuan atau harapan kita tidak bisa merasakan hidup. Secara singkat dan padat yaitu... "Untuk Apa Kau Hidup?"
    • Bintang, melambangkan dari Orang Yang Saya Cintai (ketiga, dan iya fiksi...) yang dimana orang tersebut berasal dari sebuah bintang-bintang semesta, memiliki arti Tempat Asal. Dan juga memiliki arti sebagai Awal Mula, ini mengikuti teori para ilmuwan yaitu Big Bang, yang dimana berawal dari bintang mati dan mulai meledak, sehingga menciptakan apa yang ada sekarang. Secara singkat dan padat, layaknya kehidupan Kita Hidup, Melahirkan Kehidupan Baru, Dan Mati atau penyebutan yang saya sukai yaitu Dari Tanah Menjadi Tanah.
    • Simbol Naga (Bagian Segitiga), simbol itu tertulis sebagai berikut (bawah-kanan-kiri) Ib, Yuuka, Eridani. Tentu saja dari 3 nama tersebut kalian bisa menebak siapa mereka πŸ˜‰. Terus mengapa menggunakan Bahasa Naga (Dobahzul)? Bahasa ini merupakan salah satu bahasa original dari salah satu game Favorite saya yaitu The Elder Scroll V: Skyrim bertemakan jaman kerajaan (Era Renaissance) sehingga cocok dengan tema yang saya kejar! Memiliki arti secara keseluruhan yaitu Obsesi Saya Terhadap Hal Yang Saya Sukai, tentu hal ini sudah jelas dan tidak butuh penjelasan lebih panjang.

    Begitulah pengertian dari logo yang saya buat, sebenarnya ada banyak logo yang saya buat dan ingin saya jelaskan. Akan tetapi saya terlalu malas dan juga, logo ini merupakan hal yang paling saya sukai, karena logo ini mengandung apa yang saya sukai... Bisa disebut jati diri saya(?). Sebenarnya masih ada banyak lagi pengertiannya secara lebih dalam, akan tetapi yang saya jelaskan yang utama saja, karena saya malas... Terima kasih telah melihat dan mengetahui makna dari logo saya, mohon maaf bila ada kalimat atau kata yang mungkin membuat tersinggu (uhuk uhuk) atau ada salah kata, semoga kalian menyukai logo saya dan makna setiap bagian yang saya jelaskan, dan sampai jumpa di postingan berikutnya!



    Per Aspera Ad Astra!

  • Data, Informasi, dan Database

    0

    Data, Informasi, dan Database


    Halo, kali ini dalam blog saya. Saya akan mencoba menjelaskan apa itu Data, Informasi, dan Database. Blog ini dibuat bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang Data, Informasi, dan Database. dalam blog ini kita akan mempelajari 5 hal dibawah ini!

    1. Perbedaan Data dan Informasi secara singkat
    2. 5 jenis Database beserta masing-masing contohnya
    3. Perbedaan Basis Data dan Database Menagement System (DBSM)
    4. Uraian Arsitektur Basis Data beserta contohnya
    5. Foto mindmap tentang konsep Basis Data yang sudah saya buat

    Baiklah, tanpa basa-basi. Kita akan langsung menjelaskan dan menjawab masing-masing diatas!



    1. Perbedaan Data dan Informasi secara singkat

    Untuk menuju pada pengertian Sistem Informasi secara utuh, diperlukan pemahaman yang tepat tentang konsep data dan informasi. Keterkaitan data dan informasi sangatlah erat sebagaimana hubungan antara sebab dan akibat. Bahwa data merupakan bentuk dasar dari sebuah informasi, sedangkan informasi merupakan elemen yang dihasilkan dari suatu bentuk pengolahan data.

    Secara singkat, data adalah bahan baku informasi atau bahasa mathematical dan simbol-simbol pengganti lain yang disepakati oleh umum dalam menggambarkan objek, manusia, peristiwa, aktivitas, konsep dan objek-objek lainnya. Atau dengan kata lain, data merupakan kenyataan apa adanya (raw facts).

    Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya.

    Secara singkat, informasi adalah hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya dimana akan menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dandapat digunakan sebagi alat bantu untuk pengambilan keputusan.

    Biar lebih jelas disimpulkan perbedaan data dan informasi sebagai berikut.
    • Data lebih cenderung ke penjelasan singkat atau sebuah gagasan yang belum menjelaskan sebuah peristiwa atau hasil kegiatan, data juga tidak bisa digunakan untuk pengambilan keputusan sedangkan informasi adalah hasil pengolahan dari data yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
    • Data terkadang tidak dapat digunakan dan diterima oleh akal pikiran penerima, sedangkan informasi dapat berguna dan dapat diterima oleh akal pikiran penerima.
    • Data mempunyai lingkup lebih detail dan bersifat teknis, sedangkan informasi menghasilkan penjelasan yang dapat dipakai untuk mengambil keputusan. Data penjualan misalnya merupakan penjelasan yang bersifat mentah, tetapi informasi penjualan per bulan akan dipakai oleh manajemen untuk mengambil suatu keputusan.

    2. 5 jenis Database beserta masing-masing contohnya

    Secara umum, pengertian database adalah suatu kumpulan informasi atau data yang tersusun rapi dalam perangkat komputer secara sistematis dan dapat dikelola menggunakan program aplikasi DBMS (Database Menagement System).

    Setelah memahami apa itu database, kini kita akan melihat 5 jenis database sebagai berikut.

    A. Distributed Database

    Jenis database yang pertama adalah distributed database. Ini merupakan tipe basis data yang terdiri dari gabungan situs dan tersebar di banyak lokasi berbeda. Meski demikian, seluruh database-nya tetap terkoneksi satu sama lain dalam suatu jaringan komputer.

    B. Centralised Database

    Centralised Database merupakan kebalikan dari basis data terdistribusi. Pasalnya, jenis database ini hanya terpusat pada satu lokasi saja, bukan tersebar ke sejumlah tempat layaknya distributed database. Sehingga, pengguna yang berada di berbagai lokasi tinggal mengaksesnya menggunakan jaringan internet, meskipun dari jarak jauh.

    C. Operational (Real-Time) Database

    Operational database adalah jenis database yang dikenal dengan sebutan On Line Transaction Processing (OLTP). Adapun fungsi ialah untuk mengelola sekaligus memperbarui data dinamis secara real-time.
    Bisa dikatakan bahwa operational database memungkinkan kamu melakukan beberapa hal, mulai dari menambah, menghapus, ataupun mengubah data.

     D. Data Warehouse

    Data Warehouse yang biasa disebut dengan istilah Enterprise Data Warehouse (EDW). Tipe basis data ini dinilai sebagai elemen utama dalam Business Intelligence (BI) dan kerap dimanfaatkan untuk analisis data maupun laporan.
    Hal tersebut dikarenakan Data Warehouse menghimpun data terkini dari berbagai sumber berbeda ke dalam satu lokasi terpusat dan terpadu guna menghasilkan sebuah laporan analisis.

    E. End-User Database

    End-User Database adalah jenis database yang diatur oleh pengguna akhir menggunakan workstationnya sendiri. Sehingga, berkas data pun dikelola secara mandiri melalui metode pengguna tersebut.
    Basis data end-user berlaku pada dokumen-dokumen yang bersifat offline dan tersimpan dalam perangkat pribadi.


    3. Perbedaan Basis Data dan Database Menagement System (DBSM)

    Database adalah sebuah kumpulan dari data dan deskripsinya yang secara logika berhubungan satu sama lain yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi sebuah organisasi.

    Sedangkan Database Menagement System adalah sebuah sistem perangkat lunak yang memperbolehkan pengguna untuk mendefinisikan, membuat, menjaga, dan mengawasi akses ke database.


    4. Uraian Arsitektur Basis Data beserta contohnya

    Arsitektur Basis Data merupakan suatu kumpulan data yang tersimpan secara sistematik dimana user dapat melihat data dan bagaimana cara user melihat data tersebut. Arsitektur ini juga berfungsi memberikan kerangka kerja bagi pembangunan basis data. Sistem informasi dibangun di sekitar sumber ini untuk membuat programmer komputer atau pengguna akhir dapat mengakses data secara fleksibel.

    Berikut adalah gambaran contoh Arsitektur Basis Data.

    Sumber : Bing.com "Contoh Arsitektur Basis Data"


    5. Foto mindmap tentang konsep Basis Data yang sudah saya buat

    Dalam tugas kegiatan saya disekolah, saya disuruh untuk membuat mindmap tentang konsep Basis Data yang sudah saya buat. Saya membuat mindmap berikut bersamaan dengan kelompok tugas saya.

    Berikut adalah foto mindmap tentang konsep Basis Data yang sudah saya buat.


    Sumber : Foto Mindmap yang kami buat saat tugas kelompok mengenai Database.



    Berikutlah hasil dari materi yang bisa saya dapatkan dan sampaikan, semoga blog ini bisa bermanfaat bagi para pembaca semua. Sekian dari saya, terima kasih.

    Refrensi

  • Daftar Channel Youtube Yang Sering Saya Tonton

    0




    Halo, salam kenal para pembaca sekalian! Kali ini saya akan membagikan beberapa channel Youtube yang sering saya tonton diwaktu luang. Jujur saja, saya sebenarnya tidak ada channel Youtube favorite, saya kebanyakan nonton video random di video beranda saya. Terkadang 1 menit video, 30 detik video yang memiliki subscriber 100 bahkan 100 ribu subscriber.

    Tapi ada beberapa channel Youtube yang sering saya tonton videonya, walau kebanyakan luar negeri sih... Tapi berikut adalah list channel Youtube favorite saya! 


    1. DougDoug

    Channel DougDoug adalah channel Youtube clip atau VOD hasilan dari livestreaming Twitch channel DougDoug. Channel ini membuat konten video hasilan streaming yang selalu berhubungan dengan para penontonnya, sehingga hasil video dan konten yang dibuatnya selalu menarik dan menghibur. Beliau adalah konten kreator luar negeri sehingga perlu mengetahui Bahasa Inggris untuk menonton videonya.

    Biasanya tontonnya sambil makan sehingga terkadang hampir kesedak... Tapi worth it, walau nyawa taruhan!





    2. GMHikaru

    Channel GMHikaru adalah channel hasil clip atau VOD dari channel Twitch GMHikaru. beliau merupakan Super GM Amerika, beliau merupakan juara pemenang 5 kali pada tahun 2005, 2009, 2012, 2015, dan 2019. Beliau memberikan konten dari berbagai variasi catur dari Speedrun Chess, Bot Chess, Review Game, dll. Beliau adalah konten kreator luar negeri sehingga perlu memahami Bahasa Inggris untuk menonton channelnya.

    Bayangkan jam 21:00 makan nasi goreng hangat, udara sejuk, komentatornya santai tapi seru. Sungguh mengunggah selera! Terkadang cocok sebagai video pengantar tidur...





    3. The Game Theorists

    The Game Theorists adalah channel Youtube yang membahas cerita dari sebuah game, baik game indie, game AAA, bahkan creepypasta lainnya. Biasanya teori dari game ini lumayan menarik dan liar/unik dengan gabungan editannya yang bagus dan kontennya yang bagus. Channel ini sungguh cocok bagi kalian yang menyukai cerita dari sebuah game! Beliau adalah konten kreator luar negeri sehingga perlu memahami Bahasa Inggris untuk menonton channelnya.

    Sama biasanya nonton ini kebanyakan tengah malam, biar seru aja... Kadang bikin deg-degan juga, tapi kalo ditemani nasi goreng. Maknyuss menggoda!





    4. Kok Bisa?

    Kok Bisa? adalah sebuah channel Edukasi Indonesia yang membahas pertanyaan-pertanyaan para netizen dan para penonton channel Kok Bisa? Channel kok bisa menyediakan animasi sederhana, beserta edukasi yang berguna, kualitasnya yang bagus dan juga memiliki beragam edukasi membuat channel Kok Bisa? merupakan Channel Indonesia yang sangat berkualitas!

    Singkat. Padat. Jelas. Sempurna buat saya yang malas nonton video lama gak seru!





    5. Kubz Scouts

    Kubz Scouts adalah channel Gaming luar negeri yang biasa memainkan game gratis ataupun game indie lainnya, Kubz Scouts kebanyakan memainkan game bergenre Indie Horror Games. Kubz Scouts memiliki personalitas yang bagus juga sehingga permainan gamenya tidak merasa bosan dan merasa menyenangkan!

    Orang yang asyik, tapi aneh, tapi seru komentatornya seru dan lucu. Kadang game horror gak serasa horror sungguh waifuable!





    Honorable Mention

    Berikut adalah channel Youtube yang mendapatkan gelar kehormatan!

    Gavin Leeper

    Yo Kaze

    LOBOTIX CHANNEL

    Blue Archive

    Nick Robinson


    πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„Baiklah sekian dari saya terima kasih banyak πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„





















    "Hadiahku buat kawanku tercinta..." ~Ryoo Wilham







  • Survey Tabel Game Kesukaan dan Genre Musik Kesukaan Kelas X RPL

    0

    Table Informasi 10 Siswa/Siswi X RPL

    Berikut adalah sebuah informasi Game dan Genre Musik Kesukaan siswa/siswi kelas X RPL

    No Nama Game Kesukaan Musik Genre Kesukaan
    1 Wilham D. P. The Elder Scroll V: Skyrim Artcore, Rhythm Music
    2 Pramaditya A. R. S. PUBGM Trap, Hip-Hop, J-Pop
    3 Cleo Zessky N. D-Day, Piano Tiles K-Pop, Pop, Slow Music
    4 Riski Alfadil Emel Metal, Pop
    5 Ahmad Al-Faruq Emel Rock, Slow Music
    6 Wiji Astuti N. Emel Pop
    7 Diva Aninda P. G. Emel K-Pop, Pop
    8 Destha Wibawa P. Arknight Rock, Phonk, Vocaloid, Cover
    9 Siti Adinda Emel Funkot
    10 Imam Buchari Citampi Stories Jazz, Pop, Phonk

    Sekian survey tabel saya yang singkat ini, semoga dengan ini para pembaca bisa mengetahui kesukaan tiap kelas kami.

    Sekian Terima Kasih~

  • Welcome to Lolicorp

    0

    Welcome To Lolicorp




    What is Lolicorp?

    Lolicorp adalah sebuah group kecil yang terdiri dari 5 orang siswa "wibu akut" yang iseng ingin membikin sebuah perusahaan diatas namakan "Lolicorp".

    Kini Lolicorp hanya terdiri satu orang individu selaku pendiri dari Lolicorp yang bernama Wilham. Walaupun ke-4 anggota lainnya sudah tidak terkait lagi dengan group Lolicorp, bukan berarti koneksi setiap anggota mulai menghilang.

    Kini nama Lolicorp mulai dipakai dan digunakan oleh Wilham untuk proyek yang akan dibikinnya, dan website blog ini adalah sebagai media penyimpanan/archive dari proyeknya tersebut.



    What does Lolicorp do?

    Lolicorp melakukan sebuah proyek kecil-kecilan mulai dari pembuatan Proyek Indie Game, Musik, atau bahkan hal lainnya. Proyek Lolicorp tergantung atas mood atau pencapaian yang diingkan.

    ==NOT FINISHED YET==

  • Copyright © - Wilham | Lolicorp

    Wilham | Lolicorp - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan